Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Kinerja Windows 8

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Cara Mempercepat Kinerja Windows 8. Dalam hal booting Windows 8 memang lebih cepat jika dibandingkan dengan Windows 7 , disamping itu dalam hal penggunaan memory windows 8 juga lebih sedikit dari Windows versi  sebelumnya. Dalam hal tampilan Windows 8 lebih baik dan lebih tajam, selain itu masih banyak lagi perbedaan dari versi windows yang sebelumnya, walau pada windows 8 masih ada beberapa kelemahan.

Perlu anda ketahui bahwa Windows 8 bisa anda atur dengan cepat dan mudah, Jika anda adalah seorang pengguna Windows 8 dan tidak bisa menikmatinya dikarenakan lemot. Mungkin solusinya adalah seperti dibawah ini tentang cara mempercepat kinerja windows 8 :


1. Matikan visuals effect windows 8 

windows 8 mempunyai pengaturan visual yang bisa memperlambat kinerja PC anda. Jika perangkat anda mempunyai spesifikasi yang minim, anda bisa mematikan efek visual. berikut langkah langkahnya:
Tekan tombol windows + q dan tuliskan advanced system settings pada kotak pencarian, klik view advanced system settings dari hasil pencarian. klik pada advanced tab di bagian atas layar lalu klik settings di bagian performance.
lalu pilih yang adjust for best performance, namun jika anda ingin menghedaki sesuai keinginan klik yang custom, lalu ok.

2. Mematikan Aplikasi Startup
Ketika komputer dinyalakan pastinya akan ada program yang secara langsung berjalan, Program yang berjalan secara otomatis merupakan program startup yang dapat anda atur, Untuk mengaturnya anda dapat melalui Task Manager dan mengklik Disable.

3. Defrag Harddisk
Dengan mendefrag harddisk maka komputer akan lebih cepat, karena defrag adalah proses pemindahan file - file yang ada di bad sector harddisk anda ke sektor yang lebih bai agar kinerja harddisk dapat di optimalkan. untuk mengaktifkan fitur ini anda dapat menuliskan kata defragment pada kotak pencarian lalu pilih kategori setting pada charm bar.
Pilih partisi yang akan di defrag, lalu klik optimize. tunggu hingga prosesnya selesai.

4. Kontrol Index Windows. 
Pada saat anda mencari sesuatu di Windows 8, entah itu melalui pencarian di Start Screen atau di pencarian File Explorer Windows maka file akan ditemukan dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan secara otomatis Windows talah mengindex sehingga anda tidak perlu menunggu terlalu lama pada saat melakukan pencarian. Kegiatan Index tersebut memakan memori yang besar. Jika anda lebih sering melakukan pencarian pada Start Screen dibandingkan dengan Windows Explorer, anda bisa menonaktifkan Index di Windows Explorernya. Sehingga tidak begitu memakan banyak memori.
Berikut adalah cara untuk mematikan Windows Search, pertama tekan Start setelah itu ketikkan services.msc kemudian tekan Enter. Setelah itu cari Windows Search klik kanan kemudian pilih Properties.

kemudian akan muncul windows services properties, servis startup pilih disable. lalu ok.

Demikian cara mempercepat kinerja windows 8, semoga bermanfaaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mempercepat Kinerja Windows 8"